Warga Kabupaten Garut Harapkan Bantuan Air Untuk Bisa Penuhi Kebutuhan Sehari-Hari

Nanostringsprint.com – Musim kemarau yang tidak juga kunjung selesai mengakibatkan beberapa daerah yang ada di Kabupaten Garut banyak yang mengalami kekeringan. Banyak warga yang mengeluhkan lantaran tidak adanya air ditempat tinggal mereka.

Para warga juga sangat mengharapkan jika nantinya akan mendapatkan bantuan berupa pasokan air bersih dari pemerintah. Ada beberapa daerah yang berada di wilayah utara Garut yang saat ini memang mengalami kekeringan yang cukup parah.

Beberapa diantaranya yakni warga yang berada di Kecamatan Limbangan, Cibatu serta Leuwigoong. Sebenarnya kekeringan sudah mulai terjadi sejak bulan Mei lalu. Saat ini sumur milik warga yang biasa digunakan untuk bisa memenuhi kebutuhan air mereka dalam sehari-harinya kering.

“Udah lumayan lama halodo (kemarau). Tapi parahnya mah baru sekarang. Saat pisan (surut banget), air enggak ada,” ujar Ujang Rahayu (29), salah seorang warga Kecamatan Leuwigoong, Rabu (01/8/2018).

Ujang juga menuturkan jika dirinya dan juga para warga yang lainnya mengalami kesulitan air untuk digunakan mandi dan juga mencuci. Sebagian warga di kampungnya lebih memilih mandi di sungai. Lainnya memilih mandi di rumah sanak saudara yang masih tersedia air.

“Apalagi buat masak, air bersih susah. Sawah juga di sini pada kering,” kata Ujang.

Ujang berharap agar pemerintah menyuplai air ke wilayahnya. Ia juga meminta pemerintah untuk mencarikan solusi untuk mengantisipasi kekeringan semakin parah di musim kemarau ini.

Sementara itu, sejumlah pihak mulai bergerak membantu warga yang kesulitan mendapat air bersih. Rabu siang ini, Polres Garut mendatangi Desa Leuwigoong untuk menyuplai air bagi warga.

Sebuah truk tengki berisi air dikerahkan ke lokasi terparah kekeringan di kawasan Leuwigoong. Bantuan air dari polisi itu sontak diserbu warga. Warga yang kebanyakan ibu-ibu itu mengantre air bersih. Mereka membawa ember dan jeriken.

“Intinya kita membantu, meringankan beban warga yang kesulitan mendapat air bersih,” ucap Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna kepada wartawan di lokasi yang sama.

Selain memberi bantuan air secara cuma-cuma ke warga, polisi membagikan bingkisan berupa paket sembako untuk warga. Kegiatan tersebut merupakan program Polisi Peduli gagasan Polres Garut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *