Pelaku Pemalsu Dokumen Di Banyuwangi Ditangkap Polisi Beserta Barang Bukti

Nanostringsprint.com – Dugaan sementara yang telah dilakukan seorang pria yang berasal dari Banyuwangi saat ini telah berhasil ditangkap oleh petugas kepolisian setempat. Pelaku yang diketahui bernama Syahran Wahyudi (57) diduga kuat menjadi pemalsu dokumen kartu keluarga (KK).

Pelaku diketahui juga merupakan salah satu warga Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Pelaku berhasil diciduk oleh Resmob (Reserse Mobil) Polres Banyuwangi, Selasa sore (20/2/2018). Penangkapan terhadap pelaku dilakukan di tempat tinggalnya lengkap beserta barang bukti.

Ada beberapa barang bukti yang turut serta dibawa antara lain tiga lembar kartu susunan keluarga yang diduga palsu, seperangkat komputer, printer lengkap dengan scanner, kertas dan sejumlah berkas.

“Awal penangkapan pelaku karena A ada laporan dari salah satu korban, Mohammad Haerul Umam (26) warga Desa Kebunrejo, Kecamatan Kalibaru. Saksi korban ini akan membuat KTP di Dispendukcapil Banyuwangi tapi ditolak karena KK-nya palsu,” ujar Kasatreskrim Polres Banyuwangi, AKP Sodik Efendi.

Jika dilihat dari hasil laporan yang didapatkan, polisi langsung bergegas untuk melakukan penelusuran. Saksi korban mengaku memperoleh KK melalui saudara Yanto yang tak lain adalah warga Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru. Saat itu korban membayar pada Yanto sebesar Rp 350 ribu untuk mendapatkan KK tersebut.

“Dari Yanto, kita amankan orang bernama Ali. Dan ternyata setelah ditangkap, Ali mengaku membuat KK itu kepada tersangka seharga Rp 100 ribu. Kita amankan semua pelaku ini,” tambahnya.

Atas perbuatannya itu, tersangka akan dijerat pasal 263 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama enam tahun.

“Kami masih menyelidiki kasus ini. Modus pembuatan KK palsu ini juga masih kami periksa lebih lanjut,” tandasnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *