Longsor Pacitan Akibatkan Tower SUTT Rusak Parah

Nanostringsprint.com – Bencana longsor yang kembali terjadi kali ini di sekitar daerah Kabupaten Pacitan. Akibat bencana tanah longsor yang terjadi tersebut mengakibatkan robohnya sebuah tower SUTT (Saluran udara tegangan tinggi) yang memiliki sebuah tegangan yang cukup tingga hingga 150 KVA.

Akibat robohnya tower SUTT dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Sudimoro tersebut sempat membuat sedikitnya 3 gardu induk dan juga sepuluh kecamatan menjadi terdampak pemadaman listrik.

“PLN terus melakukan usaha perbaikan jaringan tower yang roboh, bekerjasama dengan Area pengatur distribusi. Mengingat, kondisi tanah di sekitar tower SUTT masih labil, serta faktor cuaca saat ini berpengaruh terhadap pengerjaan perbaikan tower SUTT,” kata Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi PLN Distribusi Jawa Timur Wisnu Yulianto, Senin (22/1/2018).

Tower yang roboh tersebut berlokasi di RT 3 RW 9 Dusun Pule, Desa Ketepung, Kecamatan Kebonagung, Pacitan, ambruk Sabtu (21/1). Sebanyak tiga gardu listri dan juga spuluh kecamatan menjadi terdampak akibat rusaknya tower SUTT tersebut yang roboh. Pada saat itu kondisi sedang turun hujan yang lumayan deras dan juga ada kemungkinan datangnya longsor susulan, tetapi para petugas PLN terus bekerja untuk mendatangi lokasi kejadian robohnya tower SUTT dan beruntungnya tidak ditemukan gangguan yang lainnya.

“Manuver beban kemudian dilakukan dengan interkoneksi Jawa Bali melalui gardu induk Ponorogo jalur ke Kabupaten Pacitan sebelum PLTU 1 Jatim Sudimoro beroperasi,” ujarnya.

Pada Sabtu sekitar pukul 20.15 wib, infrastruktur penerangan jaringan aliran listrik di wilayah Pacitan sudah kembali normal. Masyarakat di Kabupaten Pacitan bisa memanfaatkan seperti sudah menyala sinyal telekomunikasi. Pada 28 Januari 2018 ini, diharapkan SUTT 150 KV PLTU Pacitan-New Pacitan 1, dapat dioptimalkan untuk evakuasi daya dari PLTU Pacitan.

“Untuk rencana pemulihan, ada beberapa langkah yang kami lakukan seperti, SUTT 150 KV PLTU Pacitan-New Pacitan-Nguntoronadi akan dioperasikan 1 sirkuit, menggunakan tower emergency,” jelasnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *