Polisi Bekuk Pelaku Pencurian Lewat Rekaman CCTV Di PTC

Nanostringsprint.com – Sebuah aksi pencurian yang berhasil terekam oleh kamera CCTV yang berlangsung di slah satu cafe yang berada di Pakuwon Trade Center (PTC) akhirnya bisa terlacak siapa pelakunya. Dengan adanya rekaman CCTV tersebut akhirnya polisi berhasil meringkus pelaku.

Pelaku yakni berinisial SLH (37) yang merupakan warga warga Sidotopo. “Ini diawali dari adanya CCTV yang diperoleh dari masyarakat bahwa yang bersangkutan mengambil tas pengunjung secara diam-diam,” ujar Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya Kompol I Dewa Gede Juliana, Rabu (8/11/2017).

Kronologi pencurian yang dilakukan oleh SLH yakni dengan beraksi secara pelan mengambil barang milik korban dengan menyelidiki tas milik korban tersebut berisi barang berharga atau tidaknya. Barang yang sudah berhasil didapat SLH adalah laptop, HP, dan barang lainnya yang terdapat di dalam tas korban.

“Dia melihat korban teledor dan secara pelan-pelan mengambil dan juga memeriksa tas korban apakah ada barang berharga atau tidak,” ujar Dewa.

Pelaku tidak hanya melakukan aksi pencuriannya di satu tempat saja. Ada sebanyak lima tempat yang digunakan pelaku yakni di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ITS, PTC, Masjid Universitas Surabaya (Ubaya), Masjid Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa), dan Masjid kampus Universitas 17 Agustus (Untag). Pada tempat-tempat tersebut, SLH menyasar orang-orang teledor atau tidak memperhatikan barangnya dengan modus yang sama.

“Sasarannya adalah para pengunjung yang teledor atau tidak memperhatikan barangnya. Tempat sasaran paling banyak adalah kampus dan tempat perbelanjaan,” terang Dewa.

Mengingat bahwa pelaku adalah seorang pegawai swasta, Dewa mengatakan untuk sementara motif yang menonjol dari tersangka adalah faktor ekonomi. “Sementara karena dia pegawai swasta, motif ekonomi yang menonjol,” tandas Dewa.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *