Tiga Rumah Di Semarang Jadi Korban Ambruknya Pohon Beringin Tua

Nanostringsprint.com – Sebuah pohon beringin tua yang berukuran sangat besar ambruk pada saat hujan disertai angin yang kencang. Pohon beringin tersebut ambruk dan menimpa sebanyak tiga rumah yang berada di sekitar pohon yang berlokasi di Kabupaten Semarang.

Para warga saat ini sedang melakukan pembersihan runtuhan pohon yang menimpa tiga rumah warga tersebut. Sebelum Pohon Beringin ambruk, hujan menguyur di dusun ini disertai dengan angin kencang, Minggu (29/10). Kemudian, sekitar pukul 20.00 WIB, pohon tersebut ambruk menimpa tiga rumah milik Santoso (46), Haryanto (48) dan Sarli (56), warga Dusun Krajan RT 04/RW 01, Desa Diwak, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

Maka dari tiu, pagi ini para warga secara bergotong royong membersihkan ranting pohon beringin yang ambruk tersebut. Tidak hanya para warga masyarakat yang terjun langsung untuk membersihkan runtuhan pohon beringin tersebut. Di lokasi juga terlihat para petugas tim SAR Kabupaten Semarang, Polsek dan Koramil, bergotong royong mememotongi dan membersihkan reruntuhan tersebut.

“Sebelum kejadian, kami sedang menonton televisi mendengar suara gemuruh. Terus, rumah bergetar seperti ada gempa,” kata Sarli saat ditemui di sela-sela kerja bakti membersihkan reruntuhan pohon beringin, Senin (30/10/2017).

“Yang ambruk Pohon Beringin usianya telah 100-an tahun dan Pohon Jemblik. Pohon ini bersis di makam Kiai Bagus dan Nyai Mas, yang merupakan cikal bakal Desa Diwak,” kata dia.

Selain menimpa dapur, pohon ini juga merusak kandang ayam dan tower penampungan air. “Genteng ya sekitar 1.500 yang rusak. Kalau total kerugian sekitar Rp 20 juta,” ujarnya.

Kepala Dusun Krajan, Fajar Prasetyo mengatakan, pohon yang ambruk tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, hanya menimbulkan kerusakan genteng pecah dan bangunan rusak. “Kami kebetulan sedang nglembur untuk sertifikat Prona, sekitar pukul 20.30 WIB, langsung ke sini. Sebelum kejadian, memang hujan deras dan disertai angin kencang,” kata Fajar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *