Ledakan Iringi Pemusnahan Ribuan Rokok Ilegal Di Pasuruan

Nanostringsprint.com – Sebuah suara ledakan mengiringi detik-detik pemusnahan jutaan rokok ilegal yang merupakan hasil sitaan dari Kantor Bea Cukai Pasuruan. Tempat yang digunankan untuk menampung semua rokok ilegal tersebut secara tiba-tiba meledak dengan mengeluarkan suara yang sangat keras.

Dengan seketika juga api langsung keluar menjulang tinggi serta ribuan rokok bertebaran dengan tak beraturan. Peristiwa ini terjadi saat pemusnahan 2.339.435 batang rokok di halaman Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Pasuruan, Jalan Rembang Industri Raya, Kabupaten Pasuruan, Rabu (4/10/2017).

Tidak ada yang mengira akan terjadi ledakan. Barang bukti rokok ilegal yang diamankan dari penindakan selama 2017 ditaruh di sebuah tempat dari balok kayu dan tong bekas di bawah terik matahari. Sejumlah petugas juga mengguyur jutaan rokok tersebut dengan bensin.

Kemudian sejumlah pejabat Bea Cukai dan Pemkab Pasuruan menghampiri barang bukti. Masing-masing mereka diberi tongkat penyulut api untuk membakar barang bukti. Saat tongkat-tongkat tersebut akan menyentuh barang bukti, tiba-tiba terjadi ledakan.

Api membubung dan batang-batang rokok berhamburan. Para pejabat yang berdiri sekitar satu meter dari lokasi ledakan terkejut dan spontan mundur mengambil jarak aman. Sementara sejumlah petugas memadamkan api.

“Auggh!” teriak master of ceremony (MC). “Pemadam tolong segera dipadamkan apinya,” pintanya. Beruntung tak ada yang terluka akibat kejadian tersebut.

Pihak bea cukai tak mau meberikan komentar terkait ledakan tersebut. Namun diduga barang bukti meledak karena terlalu pada terpapar sinar matahari dan terlalu banyak diguyur bensin.

Kepala Kantor Bea Cukai Pasuruan, Bier Budy Kismulyono hanya mengungkapkan substansi pemusnahan. “Jadi ini dalam rangka memperingati hari bea cukai 1 Oktober kemarin dan sebagai bentuk tanggungjawab pada masyarakat kita memberikan informasi apa saja yang kita kerjakan,” katanya.

“Dampak rokok ilegal ini satu pada kesehatan ya. Karena apa, tembakaunya juga belum tentu tembakau sehat mungkin tembakau sisa pabrik atau sapon. Yang kedua jelas pada penerimaan uang negara, kalau 2 juta batang ini bisa Rp 1 miliar kerugian negara,” imbuhnya.

Pihaknya mengaku akan terus bekerjasama dengan semua pihak termasuk Pemkab dan kepolisian untuk terus melakukan pengawasan dan penindakan pelanggaran cukai. Polisi juga siap membantu jika dibutuhkan dalam pengamanan saat penindakan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *