Munculnya Paus Di Gunungkidul Datangkan Berkah

Nanostringsprint.com – Munculnya ikan ke permukaan laut mendatangkan berkah bagi para nelayan yang berada di Gunungkidul khususnya. Akhir-akhir sering terlihat paus yang terlihat naik ke permukaan air hampir di sepanjang pantai yang ada di Gunungkidul.

Kebruntungan yang didapat dari para nelayan yakni munculnya ikan paus tersbut diiringi oleh para ikan-ikan kecil yang ikut menepi kepantai. Dengan tersebut para nelayan dengan mudahnya mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah.

“Kemunculan paus itu berbarengan munculnya ikan-ikan kecil di sekitar pantai, itu barokah buat nelayan,” kata Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul, Marjono, Jumat (15/9/2017).

Dari pihak tempat wisata sendiri juga ikut mendapatkan berkah yang melimpah. Pasalnya dengan adanya para ikan paus yang muncul di permukaan banyak para warga ataupun wisatawan yang ingin melihatnya secara langsung dari dekat dan menjadikan pengunjung menjadi ramai.

“Jelas pendapat (nelayan) mengalami kenaikan. Karena ikan-ikan kecil tangkapan nelayan banyak. Di antara jenis ikan-ikan kecil yang banyak ditangkap nelayan seperti ikan tongkol dan ikan-ikan kecil lainnya,” sebutnya.

Sekretaris I Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Baron, Surisdiyanto, juga membenarkan kemunculan paus juga dibarengi ikan-ikan kecil yang pada menepi. Fenomena ini disebutnya adalah fenomena tahunan di Gunungkidul.

“Fenomena itu bukan hal yang asing bagi kami. Selama ini juga ikan (paus) belum ada yang termonitor membahayakan wisatawan,” bebernya.

Karena kemunculan paus tidak membahayakan wisatawan, dia meminta wisatawan tidak khawatir dengan memunculkan paus di sekitar pantai. Justru adanya puas menurutnya bisa menjadi hiburan tersendiri buat wisatawan.

“Sepengetahuan kami itu (paus) terlihat di sepanjang pantai di Gunungkidul. Baik di Pantai Sepanjang, Pantai Ngobaran, Pantai Nguyahan, dan Pantai Ngrenehan. Bahkan di Pantai Indrayanti (juga terlihat)” tutup Surisdiyanto.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *