Ribuan Pegawai Di Yogyakarta Terancam PHK

Nanostringsprint.com – Tidak hanya ratusan orang saja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) bahkan hingga 2.000 an pekerja yang ada di Bantul. Kasus tersebut terjadi lantaran ada dua buah perusahaan yang mengalami kolaps.

Kepala Seksi Penyelesaian Hubungan Industrial Disnakertrans Bantul, Annursina Karti mengatakan ada beberapa perusahaan yang terkena masalah karena kebijakan pemerintah.

“Penyebabnya kaitannya dengan pajak,” katanya Jumat (25/8/2017).

Setelah Idul Fitri tahun ini, menurut Annursina ada satu perusahaan yang begerak di industri kayu yang kolaps dengan 450 pekerja. Sementara satu perusahaan industri pengolahan makanan dengan 200 pekerja yang kolaps namun belum lapor dan masih dalam proses. Sementara total jumlah PHK di tahun ini menurutnya ada 1.500 pekerja yang di PHK dan diselesaikan dengan penyelesaian hubungan kerja bipartit.

Sedangkan kurang dari 1.000 pekerja diselesaikan dengan Tripartit. Jumlah ini untuk sementara masih lebih sedikit jumlah PHK di tahun lalu.

“Tahun lalu gak sampai (perusahaan) tutup, yang diPHK 4.000 termasuk yang diselesaikan dengan bipartit,” katanya.

Dampak kebijakan pemerintah ini akan dicermati oleh pihaknya dan akan dipetakan dalam minggu-minggu ini. Termasuk kemungkinan efek ke perusahaan lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *