Jelang Hari Raya Penjualan Sapi Naik Dua Kali Lipat

Nanostringsprint.com – Sejumlah persiapan yang dilakukan menjelang hari raya Idul Adha yang sudah ada di depan mata dilakukan hampir di semua daerah. Seperti di Desa Banyumeneng, Mranggen, Demak penjualan hewan kurban sudah meningkat dari hari-hari biasanya.

Para peternak di daerah tersebut memamng memanfaatkan lahan seluas lima hektar untuk dijadikan pelokalan sapi yang berada di Dusun Karangkumpul. Sedikitnya ada sekita 125 ekor sapi yang hingga saat ini masih dipeternakkan.

Ketua kelompok peternak kampung sapi, Muhzaidun menjelaskan bahwa tidak selalu ada transaksi sapi pada setiap harinya. “Sudah seminggu ini setiap hari ada orang datang tanya soal sapi dan setidaknya sehari ada satu kali transaksi,” beber Zaidun, Minggu (20/8/2017).

Ia menjelaskan ada 125 ekor sapi yang saat ini diternakkan di kampung sapi tersebut. Biasanya transaksi memang dilakukan bukan di lokasi peternakan, namun mereka membawa sapi ke berbagai pasar hewan mulai di Kota Semarang hingga Bawen, Kabupaten Semarang.

“Ada dua jenis sapi yang diternak di sini, yakni Ongole dan Limosin harganya bervariasi mulai dari 17 juta hingga 25 juta per ekor,” terang Zaidun.

Soal kesehatan hewan ia memastikan semua terjamin karena ada dokter hewan yang memantau kesehatan sapi di sentralisasi di dukuh tertinggi di Kabupaten Demak tersebut.

Salah satu calon pembeli yang kebetulan berada di lokasi, Khoirudin menjelaskan memilih mencari hewan kurban di Banyumeneng karena saran dari teman.

“Kalau sini kan pusatnya mungkin saja harganya bisa lebih murah dibanding di pasar hewan, jadi coba lihat-lihat dulu,” tambahnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *